Kamis, 09 Agustus 2012

TIM II KKN-PPM UNDIP

Senin, (16/07/2012), dilaksanakan upacara pelepasan peserta KKN-PPM yang dilaksanakan di lapangan Widya Puraya Universitas Diponegoro. Setelah acara upacara pelepasan KKN-PPM yang dihadiri oleh seluruh mahasiswa peserta KKN-PPM, sebanyak tiga belas orang mahasiswa/i dengan penempatan di desa Kawak Kecamatan Pakis Aji Jepara langsung berangkat menuju Jepara dan menghadiri acara penyambutan mahasiswa KKN-PPM yang diselenggarakan di Pendopo Kabupaten Jepara. Selanjutnya, Tim KKN Kawak segera berangkat menuju lokasi KKN-PPM, yang tepatnya berada di Desa Kawak Kecamatan Pakisaji.

Pada hari pertama dan hari kedua penerjunan, Tim KKN Kawak melakukan survei ulang lokasi dan sosialisasi program ke beberapa tempat, yaitu ke sekolah-sekolah, berbagai perangkat desa, ibu PKK, dan bidan. Pada malam harinya, Tim KKN Kawak sempat mengikuti acara pengajian bersama warga desa. Sosialisasi program kemudian dilanjutkan pada hari Rabu dengan tujuan beberapa perangkat desa serta pengurus Karang Taruna. Selain untuk memaparkan program, kegiatan sosialisasi program ini bertujuan untuk membentuk suatu ikatan kerja sama dengan berbagai pihak untuk pelaksanaan program KKN-PPM.

Hari kamis Tim KKN Kawak mulai melakukan rencana persiapan program. Pada hari tersebut Tim KKN Kawak mulai berlatih memasak sebagai bentuk persiapan dari program pelatihan memasak yang bertujuan untuk pemberdayaan UPPKS (Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera) dan ibu-ibu PKK di Desa Kawak. Pada hari tersebut Tim KKN Kawak juga mulai merancang pembuatan papanisasi untuk desa. 

Banyak persiapan program yang dilakukan sepanjang hari Jumat dan Sabtu. Diantaranya adalah pencarian bahan materi di internet, pencarian data di lapangan, pencarian data dari arsip desa, pembelian bahan dan alat-alat keperluan program, dan lain-lain. Adapun untuk program yang telah berjalan pada minggu pertama penerjunan adalah pengenalan origami dan kelas mengajar bagi anak SD.

Berikut adalah foto-foto TIM II KKN-PPM di desa Kawak:

 Tim II KKN-PPM UNDIP di Desa Kawak

Sosialisasi Program dengan Ketua UPPKS

Kelas mengajar bahasa Jepang

Pengenalan origami


1 komentar: