Kamis, 09 Agustus 2012

Explore Kawak's Potential with Fun Cooking


Selasa, 31 Juli 2012, pukul 09.00 WIB sebanyak 25 orang yang terdiri dari ibu-ibu pengurus UPPKS, PKK, RT, RW, Petinggi Desa, dan pamong desa mendatangi Balai Desa Kawak untuk meramaikan salah satu kegiatan yang diselenggarakan oleh Tim II KKN-PPM Kawak yang berjudul Explore Kawak's Potential with Fun Cooking. Kegiatan tersebut merupakan program unggulan Tim KKN Kawak yang berupa pemberdayaan UPPKS dan ibu-ibu PKK dengan pemberian pelatihan untuk mengolah hasil pertanian unggulan yaitu kacang tanah.

Desa Kawak merupakan penghasil kacang tanah dengan kualitas terbaik. Namun dalam pemanfaatannya, kacang tanah tersebut dijual langsung tanpa melalui proses pengolahan menjadi produk baru yang memiliki nilai jual lebih. Dengan alasan itulah maka Tim KKN Kawak menyelenggarakan kegiatan pelatihan pengolahan kacang tanah menjadi barang bernilai jual lebih, yaitu selai kacang.

Masyarakat desa Kawak kerap mengolah kacang tanah menjadi makanan olahan berupa kacang rebus atau kacang telur. Dengan adanya kegiatan ini, masyarakat desa Kawak memiliki pengetahuan baru untuk mengolah kacang tanah yang jumlahnya melimpah di desa Kawak menjadi produk olahan baru.

Kegiatan hari itu kemudian dilanjutkan dengan Sosialisasi Added Value Ternak dan Pelatihan Pengolahan Hasil-hasil Perikanan. Pelatihan Pengolahan Hasil-hasil Perikanan dilakukan dengan bentuk pelatihan pembuatan nugget ikan dengan bahan dasar berupa ikan tongkol yang mudah didapat mengingat desa Kawak terletak di kabupaten Jepara yang berwilayah tepat berbatasan dengan laut.

Sosialisasi Added Value Ternak

Pelatihan pembuatan selai kacang


Tidak ada komentar:

Posting Komentar